Kamis, 30 Agustus 2012

Bahas Tentang Rem

Simpel nya Fixed Gear itu 1 gir 1 chainring, 2 ban, 1 frame, 1handle, dan jarang yang pada pake rem. Nah di post ini saya bakal membahas yang tentang cara menge-rem pada sepeda fixed gear atau "fixie"

Oke, untuk memperlambat jalannya sepeda pada fixie yang tidak pakai rem itu dengan cara "skid", yaitu memberhentikan ayunan dengan mendadak yang mengakibatkan ban belakang berhenti mendadak dan kesannya seperti terseret. Nah, itu salah satu cara berhenti yang paling praktis, walau untuk melakukan ini harus mempunyai betis yang kuat seperti kuli becak, hehehe. Ada lagi cara paling aman, yaitu memperlambat arus ayunan pedal secara perlahan, namun cara ini dilakukan dari jarak yang agak jauh. Maka para pengendara fixie yang tidak memakai rem lebih memilih cara "Skid", sampai-sampai ada slogan yang ,mengatakan "SKID or DIE", yang artinya Skid atau mati.

Sebenarnya memakai rem pada sepeda fixie tidak diharamkan, namun karena salah satu kecantikan sepeda fixie adalah ke-simple-annya, maka banyak yang tidak memakai rem.

Oke, anda emang jago skid, trus bisa trik trik di youtube. Tapi di youtube itu menunjukan lalulintas luar negeri, skill orang luar negeri. Apakah ada Metromini di New York? gak bakal... jadi Intinya Fixed gear tanpa rem itu memang bahaya.Walau bisa ngeskid yang merupakan cara ngerem paling praktis yang saya katakan tadi, namun cara ini tetap bahaya. Karena tidak dengan skid saja anda bisa berhenti total, apabila ande sedang mengayuh cepat, maka skid mungkin hanya bisa memperlambat 70% kira kira, nah? 30% nya? ya, itu yang bisa membahayakan, bila ada metromini rem mendadak? bisa hancur.. hehehe, ya cukup lah untuk blog ini walau cuman dikit yang diomongin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar